PENGENALAN ADOBE FLASH
PENGENALAN ADOBE FLASH
1.
Menu berisi control untuk berbagai fungsi seperti membuat,
membuka, dan menyimpan file, copy, paste, dan lain-lain.
2. Stage adalah area persegi empat yang merupakan tempat dimana
kita membuat objek atau animasi yang
akan dimainkan.
3. Toolbox berisi koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih
dan memanipulasi isi stage dan timeline. Toolbox dibagi menjadi empat,
yaitu Tools, View, Colors dan
Options. Beberapa tool mempunyai bagian option. Contohnya, ketika
Selection tool dipilih, Option snap, smouth, straigten, rotate dan scale akan
muncul di bagian options.
4. Timeline adalah tempat kita dapat membuat dan mengontrol
objek dan animasi.
5. Panels berisi
control fungsi yang dipakai dalam flash, yaitu untuk mengganti dan memodifikasi
berbagai property objek atau animasi secara cepat dan mudah.
6. Properties merupakan
window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang kita buat.
7. Components digunakan
untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke
internet.
8. Frame : frame adalah
satuan terkecil dalam video. pada program flash, frame diumpamakan seperti
kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang
sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang
sama.apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan
mengikuti perubahan gambar tersebut. karena frame tidak dapat berdiri sendiri.
Keyframe : keyframe adalah frame kunci yang dapat berdiri
sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang berisi gambar. apabila kita
tambahkan sebanyak 5 keyframe, apabila salah satu keyframe kita rubah
gambarnya, itu tidak akan mempengaruhi gambar-gambar dikeyframe lain. karena
keyframe dapat berdiri sendiri.
Blank keyframe : blank
keyframe adalah keyframe yang tidak memiliki gambar/objek didalamnya.
diumpamakan seperti kertas hvs yang kosong melompong, polos, suci, tanpa
kotoran bahkan tidak ada 1 titikpun disana.
1Motion Tween : motion tween
adalah salah satu fitur dari program adobe flash yang dapat memudahkan kita
membuat sebuah animasi pergerakan objek tanpa harus memperbanyak gambar
keyframe, hanya menentukan keyframe awal dan keyframe akhir, kita bisa
menggerakkan sebuah objek menggunakan fitur ini.
SSymbol : symbol adalah salah satu fitur dari program
adobe flash yang juga dapat memudahkan kita dalam membuat sebuah animasi. kalau
diumpamakan, apabila stage adalah tas yang berisi objek-objek animasi, maka
symbol adalah tempat pensil yang didalamnya juga kita bisa menyimpan animasi
lagi didalamnya. didalam fitur symbol, ada 3 fasilitas, yaitu movie clip,
button, dan ghrapic
movie clip : untuk membuat sebuah simbol animasi berbentuk movie
button : untuk membuat button atau tombol. fasilitas ini biasa digunakan untuk animasi media interaktif
movie clip : untuk membuat sebuah simbol animasi berbentuk movie
button : untuk membuat button atau tombol. fasilitas ini biasa digunakan untuk animasi media interaktif
graphic : untuk membuat sebuah simbol animasi berbentuk grafik.
dalam membuat animasi simbol, saya merekomendasi untuk menggunakan fasilitas graphic daripada movie clip, karena fasilitas graphic jika test langsung distage, animasinya akan muncul. tapi untuk movie clip, apabila kita test di stage, animasinya tidak muncul, dia harus di test movie, baru bisa muncul. selain itu, apabila kita export animasi kedalam bentuk avi atau format video lainnya, animasi didalam simbol graphic tidak akan hancur, tapi untuk movie clip, animasi didalamnya akan hancur. movie clip lebih bagus untuk membuat animasi media interaktif
Comments
Post a Comment