PENGENALAN ADOBE FLASH

                                  PENGENALAN ADOBE FLASH
1.      Menu berisi control untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, dan menyimpan file, copy, paste, dan lain-lain.

2.    Stage adalah area persegi empat yang merupakan tempat dimana kita membuat objek atau   animasi yang akan dimainkan.

3.    Toolbox berisi koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage dan timeline. Toolbox dibagi menjadi empat, yaitu Tools, View, Colors dan Options. Beberapa tool mempunyai bagian option. Contohnya, ketika Selection tool dipilih, Option snap, smouth, straigten, rotate dan scale akan muncul di bagian options.

4.    Timeline adalah tempat kita dapat membuat dan mengontrol objek dan animasi.

5.   Panels berisi control fungsi yang dipakai dalam flash, yaitu untuk mengganti dan memodifikasi berbagai property objek atau animasi secara cepat dan mudah.

6.   Properties merupakan window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang kita buat.

7.   Components digunakan untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke internet.

8.  Frame : frame adalah satuan terkecil dalam video. pada program flash, frame diumpamakan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama.apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut. karena frame tidak dapat berdiri sendiri.

Keyframe : keyframe adalah frame kunci yang dapat berdiri sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang berisi gambar. apabila kita tambahkan sebanyak 5 keyframe, apabila salah satu keyframe kita rubah gambarnya, itu tidak akan mempengaruhi gambar-gambar dikeyframe lain. karena keyframe dapat berdiri sendiri.
Blank keyframe : blank keyframe adalah keyframe yang tidak memiliki gambar/objek didalamnya. diumpamakan seperti kertas hvs yang kosong melompong, polos, suci, tanpa kotoran bahkan tidak ada 1 titikpun disana.

1Motion Tween : motion tween adalah salah satu fitur dari program adobe flash yang dapat memudahkan kita membuat sebuah animasi pergerakan objek tanpa harus memperbanyak gambar keyframe, hanya menentukan keyframe awal dan keyframe akhir, kita bisa menggerakkan sebuah objek menggunakan fitur ini.

SSymbol : symbol adalah salah satu fitur dari program adobe flash yang juga dapat memudahkan kita dalam membuat sebuah animasi. kalau diumpamakan, apabila stage adalah tas yang berisi objek-objek animasi, maka symbol adalah tempat pensil yang didalamnya juga kita bisa menyimpan animasi lagi didalamnya. didalam fitur symbol, ada 3 fasilitas, yaitu movie clip, button, dan ghrapic
movie clip : untuk membuat sebuah simbol animasi berbentuk movie
button : untuk membuat button atau tombol. fasilitas ini biasa digunakan untuk animasi media interaktif

graphic : untuk membuat sebuah simbol animasi berbentuk grafik.
dalam membuat animasi simbol, saya merekomendasi untuk menggunakan fasilitas graphic daripada movie clip, karena fasilitas graphic jika test langsung distage, animasinya akan muncul. tapi untuk movie clip, apabila kita test di stage, animasinya tidak muncul, dia harus di test movie, baru bisa muncul. selain itu, apabila kita export animasi kedalam bentuk avi atau format video lainnya, animasi didalam simbol graphic tidak akan hancur, tapi untuk movie clip, animasi didalamnya akan hancur. movie clip lebih bagus untuk membuat animasi media interaktif
https://www.facebook.com/deby.nata


Comments

Popular posts from this blog

Begu Ganjang dan Antinya

ASAL USUL GINTING

UMANG